Memilih Jalur Pendakian Gunung Cikuray, Perhatikan 3 Tips Ini!

memilih-jalur-pendakian-gunung-cikuray,-perhatikan-3-tips-ini!
Memilih Jalur Pendakian Gunung Cikuray, Perhatikan 3 Tips Ini!
service
Share

Share This Post

or copy the link

Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung yang terletak di Jawa Barat, Indonesia, tepatnya berada di kawasan Garut. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.821 meter di atas permukaan laut dan cukup terkenal karena pemandangannya yang indah serta jalur pendakian Gunung Cikuray yang menantang.

Pendakian Gunung Cikuray pada umumnya dianggap memiliki tingkat kesulitan sedang hingga tinggi. Jalur pendakian Gunung Cikuray cukup terjal dengan medan yang berbatu dan licin di beberapa bagian. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih, tetapi sebagian besar pendaki memulainya dari Desa Linggar.

Untuk waktu pendakian ke Gunung Cikuray, biasanya memakan waktu sekitar 7-10 jam, tergantung pada kecepatan dan kondisi fisik pendaki. Karena rute yang cukup menantang, jadi sangat disarankan untuk memulai pendakian di pagi hari agar memiliki cukup waktu untuk naik dan turun sebelum malam tiba.

Pendakian ke Gunung Cikuray akan menjadi pengalaman yang menantang dan memuaskan bagi para pendaki yang menyukai petualangan alam. Tapi ingat, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti petunjuk keselamatan yang ada agar pendakian berjalan lancar dan aman, ya!

Rekomendasi Jalur Pendakian Gunung Cikuray

jalur pendakian gunung cikuray
Sumber: Eiger Adventure (Gambar Hanya Ilustrasi)

Berikut ini adalah ulasan lengkap jalur pendakian plus estimasi waktu pendakian yang Eigerian perlukan saat mendaki Gunung Cikuray:

1. Jalur Pemancar

Jalur pendakian Gunung Cikuray melalui Pemancar adalah jalur yang paling umum dilalui oleh para pendaki, karena jalur ini mudah diakses untuk urusan transportasi. Melewati jalur Pemancar ini, waktu yang diperlukan pendaki untuk mencapai puncak sekitar 8 jam perjalanan, di mana jalur ini memiliki estimasi waktu relatif lebih panjang dibanding yang lain.

Rute perjalanan melalui jalur Pemancar adalah sebagai berikut:

  • Pos Pemancar – Pos 1: Di rute ini, Eigerian harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit.
  • Pos 1 – Pos 3: Medan di rute ini berupa tanah, batu dan akar. Perjalanan ini akan membawamu melewati berbagai tanjakan, dengan lamanya perjalanan sekitar 2 jam.
  • Pos 3 – Puncak Bayang: Perjalanan menuju puncak bayangan akan dihiasi dengan tanjakan-tanjakan. Di rute ini, Eigerian akan memasuki hutan yang lebat, dengan ama perjalanan selama 4,5 jam.
  • Puncak Bayangan – Puncak Cikuray: Perjalanannya cukup sulit, selain menanjak juga terdapat banyak jurang di pinggir trek. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 1 jam.

2. Jalur Kiara Jenggot

Jalur Kiara Jenggot ini adalah jalur alternatif, tidak banyak dilalui oleh para pendaki, sehingga masih sangat sepi. Jika Eigerian memilih untuk menggunakan jalur satu ini untuk menuju ke puncak, usahakan untuk membawa satu rekan yang pernah mendaki dengan menggunakan jalur Kiara Jenggot, supaya tidak mudah tersesat dan lebih aman.

Rute perjalanan melalui jalur Kiara Jenggot adalah sebagai berikut:

  • Basecamp – Pos 1: Usahakan untuk memulai pendakian sepagi mungkin supaya tidak mudah lelah akibat kepanasan. Pasalnya, medan dalam perjalanan ini terbuka.
  • Pos 1 – Pos 2: Selepas pos 1, jalanan akan terasa lebih menanjak dari sebelumnya. Pos dua ini ditandai dengan keberadaan sebuah pohon besar.
  • Pos 2 – Pos 3: Kemudian, di perjalanan menuju pos 3 Eigerian akan melewati medan yang berupa tanah padat, trek tidak berbeda jauh dengan sebelumnya.
  • Pos 3 – Pos 4: Tidak berbeda jauh dari perjalanan sebelumnya, hanya saja trek yang harus Eigerian lalui akan semakin menyempit, semak belukar semakin ganas mengganggu pergerakan pijakanmu.
  • Pos 4 – Pos 5: Pos 5 adalah tempat yang cukup ideal untuk mendirikan tenda. Selain tempatnya yang cukup luas, pemandangan di sini juga terbilang sangat bagus.
  • Pos 5 – Pos 6: Sekitar 60 menit, perjalananmu menuju pos 6 akan terasa lebih sulit, trek semakin menanjak. Jadi, berpenglah pada akar-akar untuk membantumu melewati tanjakan-tanjakan menantang.
  • Pos 6 – Pos Simpang: Pos Simpang adalah titik temu antara jalur Kiara Jenggot dengan jalur Pemancar.
  • Pos Simpang – Pos 7: Trek yang Eigerian hadapi akan semakin garang untuk menguji ketahanan sendi lutut, ditambah dengan medan berupa tanah berbatu dan akar-belukar. Pos 7 juga merupakan tempat camp ideal selain di pos 5.
  • Pos 7 – Puncak Gunung Cikuray: Hutan akan tampak semakin lebat, menghalangi pandanganmu untuk mengintip penampakan puncak. Sekitar 10 menit sebelum puncak, Eigerian akan menemukan sebuah shelter yang cukup luas, yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda.

3. Jalur Bayongbong

Bisa dibilang, jalur Bayongbong ini merupakan jalur yang paling sadis karena trek-nya sangat menantang dan menanjak, terjal, serta curam. Namun, jalur yang satu ini memiliki jarak tempuh paling pendek di antara jalur lainnya.

Untuk menuju gerbang pendakiannya, dari terminal Guntur, Eigerian bisa naik ojek menuju basecamp atau naik angkot dengan jurusan Bayongbong. Kemudian menuju puncaknya, perjalanan dari basecamp akan melewati 6 pos pendakian terlebih dahulu. Rata-rata pendaki akan menghabiskan waktu selama 6 jam untuk sampai di puncak gunung Cikuray dengan menggunakan jalur Bayongbong ini.

Baca juga: Opsi Jalur Pendakian Gunung Kawi, Variatif dan Beragam!

Tips Mendaki Gunung Cikuray bagi Pemula

jalur pendakian gunung cikuray
Sumber: Eiger Adventure (Gambar Hanya Ilustrasi)

Mendaki Gunung Cikuray bagi pemula tentunya bisa menjadi pengalaman yang menantang dan memuaskan. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu pemula dalam mendaki Gunung Cikuray:

1. Persiapan Sebelum Mendaki

Sebelum mendaki Gunung Cikuray, pastikan untuk mempelajari rute pendakian yang tersedia, lalu ketahui estimasi waktu pendakian dan tingkat kesulitan setiap jalur. Lalu, latih kondisi fisikmu sebelum mendaki dengan berjalan kaki atau berlari di medan yang bervariasi. Latihan ini akan membantu mempersiapkan tubuhmu untuk perjalanan yang cukup menantang.

Kemudian, pastikan untuk membawa perlengkapan dan peralatan pendakian yang memadai, seperti sepatu gunung yang nyaman, pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca, tas ransel, tenda, sleeping bag, matras, serta peralatan makan-minum, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum berangkat dan bawa perlengkapan pelindung cuaca yang sesuai, seperti jaket hujan dan mantel anti-air.

2. Selama Mendaki

Mulailah pendakian sejak pagi supaya Eigerian memiliki cukup waktu untuk mendaki dengan tenang dan menikmati pemandangan. Selain itu, berangkat pagi juga akan membantu menghindari teriknya matahari.

Minumlah air secara teratur selama pendakian untuk menghindari dehidrasi, lalu beristirahatlah secara berkala untuk memberi tubuhmu waktu untuk beristirahat dan pulih. Ingat, jangan terlalu terburu-buru dalam mendaki. Jaga kecepatan yang konsisten dan sesuaikan dengan kemampuan fisikmu, lalu berhenti dan istirahat jika perlu.

Selain itu, Eigerian juga wajib mengikuti tanda-tanda dan petunjuk jalur yang ada. Jangan sampai menyimpang dari jalur pendakian utama kecuali jika kamu benar-benar yakin dengan rute yang akan diambil.

3. Setelah Mendaki

Pastikan untuk membawa pulang semua sampah yang Eigerian bawa, termasuk juga sampah organik. Jagalah kebersihan alam dan bantu menjaga lingkungan tetap bersih.

Setelah mendaki, luangkan waktu untuk mengevaluasi pengalamanmu, lalu tinjau apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan untuk pendakian berikutnya. Kemudian, beri tubuhmu waktu untuk pulih setelah pendakian dengan istirahat yang cukup dan pemulihan yang tepat.

Baca juga: Ada 4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran, Tentukan Pilihanmu!

Dengan mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti tips di atas, maka pendakian Gunung Cikuray bagi pemula bisa menjadi pengalaman yang aman, menyenangkan, dan memuaskan. Ingatlah selalu untuk mendaki dengan hati-hati dan menjaga keselamatanmu sebagai prioritas utama, ya!

Yuk, siapkan segala macam kebutuhan pendakian dengan produk-produk mountaineering dari website resmi EIGER Adventure. Eigerian juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu, atau belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang lebih mudah dan praktis.

Langsung saja unduh aplikasinya di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, ada banyak promo menarik, serta program gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Jangan sampai terlewat, cek sekarang!

0
mutlu
Happy
0
_zg_n
Sad
0
sinirli
Annoyed
0
_a_rm_
Surprised
0
vir_sl_
Infected
Memilih Jalur Pendakian Gunung Cikuray, Perhatikan 3 Tips Ini!

Tamamen Ücretsiz Olarak Bültenimize Abone Olabilirsin

Yeni haberlerden haberdar olmak için fırsatı kaçırma ve ücretsiz e-posta aboneliğini hemen başlat.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login

To enjoy Foxiz.my.id privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Bizi Takip Edin
Product, education, ccn, cetakcepat, perisaikebenarannasional, mediakota, teroponghukumnusantara, foxiz, astaga, iso, montitgibig, nahdliyyin, performamanajemen, sdnmekarsari3, berandapublik, beritamukomuko, beritasemarak, jejakdaerah, jejakdaerah, nusantarawebhoster, suaramahardika, wordpers, min1sabang, bahanaguesthouse, warnaemas, dndbali, dyouthfest, eobali, henbuk, harmonipermata, kabarbalisatu, panglimahukum, smpn14dps, themaster, uluwatu, juraganitweb, paradigma, pinusbanyuwangi, smpnsatubangorejo, consultant, mtsn2acehbarat, mtsn3acehbarat, penmadkemenagtamiang, mtsn8atim, baharselatan, journals, playone, tekling, tekling, mydata, shophine, gphitech, petmart, makassarpetclinic, makassarpet, nio, kts, klikpiknik, tajimakuperalatanindonesia, nyawer, agenbpc, balindoparadiso, bendahara, booknow, contractor, danginpurikauh, globalresearcher, madhava, madhavaenterprises, siappak, signalevent, smartapps, streamline, kencanabaliproperty, suratkabarnasional, matqbaitussalam, mrh, min9acehtamiang, rne, bayupasupati, tfef, aiccny, konsultanperizinanbekasi, konsultanperizinanbogor, konsultan amdal, ashadirekanbekasi, citraglobalbekasi, konsultanpajaksumbar, konsultanpajakbanjarbaru, hondagajahmadasmg, sdisriati2, acehlonsayang, kampanyecalon, mtsbusidigede, edupage, madeventure, attaqwa12, klikpiknik, sewabuspariwisatabandung, hexasoft, haqqfarm, bimbellavender, pejuangui, bimbelinten, lavenderprograms, urbanartindonesia, alhasan, emyrindo, amptron indo, makapetakan, poros1, medandigitalinnovation, indotelemed, anuless, fastech, linkdiri, bimbelprimagama, primagamaburlian, accuindonesia, alatasperkasaindonesia, axsatravel, bricodelab, gantiaki, hexagon, satoeorganizer, paradox88, aswin marwah, manggisgarden, beritasirkulasi, sultraraya, kendarikini, stylecontract, cahayasultra, miningnews, kilaunews, matadewata, jaringpos, nilaparadise, hexademy, bestnews19, polrespinrang, smkdp2jkt, gamingslot365, azgamingslot, azbet365slot, untung500x, Slot Zeus, mabukbeer, Pahala4d, Pahala4d, gwinbola, pahala4d, nintoto, nintoto, nintoto, Pahala4d, Slot Online, sertifikasi, geraisertifikasi, samskara, oectech, sstravel, swisstex, iptvcm, penaungu, sanctri, tokofiberglass, sabung ayam online sv388, link alternatif situs slot online, sv388, slot resmi, slot online, wala meron, link alternatif situs slot online, link alternatif situs slot online, sv388 wala meron, Sabung Ayam Online Sv388, Slot Dana. situs slot deposit seabank, link situs slot resmi, slot resmi, slot terpercaya, Slot Maxwin, sv388, Ws168, Digmaan, Ws168, Slot Online, Slot Resmi, Slot Maxwin, Sv388, Digmaan, WS168, S128, Slot Scatter Hitam, Sabung Ayam Online, Digmaan, Ws168, S128, Scatter Hitam, slot resmi, situs slot resmi, Judi Sabung Ayam Online, sv388, Sabung ayam online, Slot Mahjong, Sv388, Slot Thailand, surga33, surga77, surga88, surga99, wdbos, Slot Resmi Gampang Jp, Slot Resmi, Togelup, ysga, damaitou.