Bagi kamu yang ingin memanfaatkan YouTube untuk keperluan bisnis, wajib tahu cara riset kata kunci YouTube.
Melakukan riset kata kunci atau keyword sangatlah penting sebelum kamu membuat konten di platform apapun.
Dengan kata kunci yang tepat, kamu bisa mendapatkan traffic atau viewers yang tinggi, sehingga lebih mudah untuk menjangkau target audiens.
Melansir laman Semrush, cara kerja YouTube hampir mirip dengan Google. Algoritma YouTube akan menampilkan video yang sesuai dengan penggunanya.
Jadi, audiens benar-benar akan menyaksikan konten yang sesuai dengan minat mereka. Ketika kontennya relevan, audiens tersebut pun akan terus menonton konten YouTube tersebut.
Salah satu untuk mengoptimalkan kinerja algoritma YouTube ini ialah mencari keyword yang tepat. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui bagaimana cara riset kata kunci YouTube.
Baca Juga: Cara Membuat Channel YouTube untuk Bisnis, Catat ya!
Cara Riset Kata Kunci YouTube
Untuk menemukan keyword yang tepat sebelum membuat konten YouTube tidaklah sulit, lho.
Ada beberapa cara riset kata kunci YouTube yang bisa kamu coba, di antaranya:
1. Buat Daftar Topik untuk Konten
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menemukan keyword YouTube ialah membuat daftar topik konten.
Kamu bisa membuat daftar topik apa saja. Apabila bingung atau kesulitan, kamu bisa mencari inspirasi dengan menelusuri kolom pencarian YouTube atau mesin pencari, seperti Google.
Buatlah daftar topik untuk membuat konten sebanyak-banyaknya. Tulislah semua yang ada dipikiran kamu untuk menemukan key word terbaik.
2. Saring Topik Konten Jadi Beberapa Kata Kunci
Setelah membuat daftar topik, kamu bisa menyaringnya dan menemukan beberapa kata kunci YouTube saja.
Pastikan kata kunci YouTube yang dipilih benar-benar memiliki perkiraan hasil terbaik, ya. Jadi, konten video YouTube kamu memiliki jumlah audiens besar.
Selain itu, pastikan kata kunci yang dipilih relevan dengan jenis bisnismu.
3. Cari Tahu Search Volume Kata Kunci yang Dipilih
Sebelum benar-benar membuat konten yang sesuai dengan kata kunci tersebut, coba cari tahu jumlah search volumenya terlebih dahulu.
Pilihlah keyword yang memang memiliki volume pencarian tinggi. Jadi, potensi konten YouTube kamu untuk trending semakin besar.
Melalui langkah ini, kamu bisa mengetahui manakah kata kunci YouTube yang worth it untuk dijadikan konten.
Baca Juga: 5 Strategi SEO YouTube yang Ampuh Menambah Viewer
4. Analisis Konten Kompetitor
Jangan lupa untuk menganalisis konten-konten yang dibuat oleh pesaingmu di YouTube.
Hal ini cukup penting agar kamu bisa membuat konten yang berbeda dari mereka. Jadi, akan lebih menarik di mata audiens.
Kamu bisa melakukan riset kompetitor dengan coba menonton beberapa video dari pesaing.
Cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya, kemudian pelajari hal tersebut ketika kamu membuat konten serupa.
Pastikan kamu selalu memiliki ciri khas yang bisa membedakan kontenmu dengan kompetitor.
5. Maksimalkan Kata Kunci dengan Konten Berkualitas
Terakhir, gunakan kata kunci YouTube tersebut untuk membuat konten video yang berkualitas.
Posisikanlah diri kamu sebagai audiens untuk mengetahui apa yang diinginkan mereka dari kontenmu. Kemudian, buatlah konten yang menarik dan relevan dengan minat audiens.
Dengan begitu, kamu bisa meraih lebih banyak viewers. Video YouTube yang berkualitas juga bisa mendatangkan penonton setia, lho.
Jadi, jangan takut untuk bersikap totalitas dalam membuat konten bagi target audiens kamu.
Baca Juga: Ini Macam-Macam Konten YouTube yang Cocok untuk Bisnismu
Tools untuk Riset Kata Kunci YouTube
Selain mencoba cara di atas, kamu juga bisa melakukan riset kata kunci YouTube dengan beberapa tools berikut ini:
1. KeyWord Tool
Keyword Tool merupakan salah satu situs web yang bisa kamu akses untuk melakukan riset kata kunci YouTube.
Dengan Keyword Tool, kamu bisa mengetahui kata kunci apa yang relevan untuk membuat konten YouTube. Beserta informasi search volume, tren selama setahun terakhir, CPC, dan persaingan keyword.
Kamu bisa menggunakannya secara gratis atau berbayar, sesuaikan saja dengan kebutuhan.
Selain bisa digunakan untuk riset kata kunci YouTube, tools yang satu ini juga bisa membantu kamu mendapatkan keyword di berbagai platfrom. Misalnya, Instagram, Twitter, Google, dan lainnya.
2. Google Search Console
Alat pencari kata kunci YouTube lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Google Search Console.
Selain bisa menemukan keyword yang tepat, Google Search Console juga dapat membantu kamu untuk memantau kinerja channel YouTube.
Jadi, kamu bisa memaksimalkan pengelolaan YouTube, sehingga menghasilkan viewers dan prospek yang lebih baik.
3. WordTracker
WordTracker bisa menjadi tools lainnya untuk kamu coba dalam melakukan riset kata kunci YouTube.
Alat yang satu ini memiliki kegunaan yang mirip dengan Keyword Tools, yakni menyediakan informasi terkait keyword tertentu, seperti search volume, trend, hingga kompetitor.
Kamu bisa memanfaatkan fitur pencarian keyword YouTube secara gratis, hingga 10 kali riset.
Untuk bisa menggunakannya secara leluasa dan mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu dapat berlangganan fitur WordTracker ini.
Baca Juga: Cara Beriklan di YouTube, Berikut 5 Tips Suksesnya
4. VidIQ
Tools selanjutnya yang bisa digunakan untuk membantu riset kata kunci YouTube adalah VidIQ. Kamu bisa menggunakan VidIQ dalam bentuk extension dan memasangnya pada bagian browser.
Dengan begitu, kamu dapat melihat ide keyword, tren, video yang sedang populer, kompetitor dan lainnya saat membuka browser untuk mengakses YouTube.
Menariknya lagi, VidIQ bisa membantu kamu dalam mengetahui jumlah views tertinggi, rata-rata views yang didapat, hingga channel YouTube mana yang videonya mendapatkan performa terbaik dengan keyword tersebut.
Selain tersedia dalam versi gratis, kamu juga bisa menggunakan VidIQ berbayar sehingga dapat menggunakan fiturnya semakismal mungkin.
5. Google Trends
Alat untuk riset keyword YouTube lainnya yang bisa kamu coba adalah Google Trends.
Bagi kamu yang memahami SEO untuk mengoptimasi platfrom bisnis online, pasti sudah tak asing lagi dengan tools bernama Google Trends ini.
Kamu bisa menemukan keyword YouTube yang tepat melalui Google Trends. Selain itu, tools tersebut dapat digunakan untuk meriset kata kunci situs web atau blog.
Setiap kata kunci yang kamu cari melalui Google Trends akan disertai dengan informasi search volume. Dengan bentuk grafik selama kurun waktu tertentu, seperti 1 tahun, 9 bulan, 6 bulan, atau 3 bulan terakhir.
Bahkan, kamu bisa menemukan informasi keyword terkait yang sedang populer melalui fitur “Related queries” di Google Trends.
Kamu juga bisa mencari keyword lain dalam Google Trends untuk melakukan perbandingan. Jadi, kamu bisa menemukan kata kunci YouTube yang paling potensial secara lebih mudah.
Berbeda dari tools lainnya yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar, Google Trends dapat kamu gunakan sepuasnya tanpa dipungut biaya.
Baca Juga: 10 Aplikasi Membuat Video di Youtube Terbaik, Gratis dan Praktis!
Itu dia beberapa cara riset kata kunci YouTube beserta tools pendukungnya yang bisa kamu coba. Semoga bisa membantumu dalam mengelola channel YouTube, ya!
Sumber: