Apa itu KOL Marketing? Apa Saja Manfaatnya?

lutfatul malihah
Apa itu KOL Marketing? Apa Saja Manfaatnya?

Dipublish Tgl: Friday, 24 May 2024

KOL Marketing, atau Key Opinion Leader Marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan pengaruh individu ternama untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target konsumen.

Biasanya orang yang menggeluti bidang KOL memiliki pengikut yang besar dan loyal di media sosial. Mereka juga dianggap sebagai ahli di bidangnya dan dipercaya oleh pengikutnya.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai apa itu KOL Marketing? manfaatnya, cara efektif untuk menerapkannya dalam strategi pemasaran, dan informasi penting lainnya pada artikel di bawah ini!

Apa itu KOL Marketing?

Kol Adalah

Ilustrasi KOL sedang menjelasakan sebuah produk (Credit; Freepik.com)

KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader. Menurut Nurulita, F. S., & Primadini, I. (2021) dalam Nita Ilmiyatul Lailiyah (2023), KOL diartikan sebagai seorang tokoh yang aktif disesia media dan gemar berbagi ide/konten ang menarik perhatian audience, sehingga bisa mengarahkan publik.

Sedangkan menurut Werner Geysen dalam laman Influencermarketing.com, pengertian KOL adalah Seseorang atau organisasi yang memiliki pengetahuan produk yang ahli dan pengaruh di bidang tertentu. Mereka dipercaya oleh kelompok kepentingan yang relevan dan memiliki efek signifikan pada perilaku konsumen

Sederhananya dapat disimpulkan jika KOL marketing ini merupakan alat yang memiliki pengaruh dalam penyampaian pesan promosi dan dianggap mampu mendorong daya beli masyarakat.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

Karakteristik KOL Marketing

Ada 3 karakteristik khusus yang dimiliki KOL menurut Xiong, dkk (2021), yakni:

1. Familiarity (Keakraban)

Karakter pertama KOL adalah familiarity, seberapa dekat KOL terhadap audience-nya. Keakraban memainkan peran kunci dalam efektivitas Pemimpin Opini Utama (KOL).

Audiens lebih cenderung mengenali dan mempercayai informasi yang disampaikan oleh individu yang mereka kenal. KOL yang akrab sangat efektif dalam membentuk kredibilitas pesan untuk audiens tertentu.

2. Trustworthiness (Kepercayaan)

Selanjutnya adalah kepercayaan, merujuk pada kemampuan individu tersebut untuk dapat dipercaya. Kepercayaan ini dapat dilihat dari beberapa hal.

Seperti konsistensi mereka ketika menyampaikan kebenaran informasi, transparansi mereka dalam memberikan pendapat, hingga penilaian mereka yang obyektif dan tidak condong ke pihak tertentu.

3. Expertiseness (Keterampilan)

Terakhir adalah expertiseness, yakni pengetahuan, pengalaman dan keterampilan individu tersebut. Contohnya, jika seorang individu yang memiliki latar belakang sama dengan produk yang mereka promosikan cenderung jauh lebih dapat dipercaya dan seterusnya.

Tujuan & Manfaat KOL Marketing

Menurut Xiong, dkk (2021) dalam jurnalnya yang berjudul A Study of
KOL Effectiveness On Brand Image of Skincare Products
, menjelaskan jika:

Secara garis besar tujuan dari KOL Marketing adalah untuk menambah kepercayaan konsumen, menyampaikan pesan promosi dan mengarahkan opini publik yang kemas dalam bentuk konten.

Selain itu, ada beberapa manfaat KOL lainnya, seperti:

  • Meningkatkan brand awareness (kesadaran merek).
  • Membangun kepercayaan dan kredibilitas produk.
  • Menjangkau target audience lebih tepat.
  • Meningkatkan penjualan dan konversi.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Kekurangan KOL Marketing

Selain memiliki keuntungan, strategi KOL marketing juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa dipertimbangkan, berikut diantaranya:

  • Pasar belum dewasa (Immature Market), karena belum ada peraturan khusus yang mengatur praktiknya.
  • Beberapa kolaborasi brand dan KOL terkesan dibuat-buat dan tidak sesuai dengan gaya komunikasi KOL tersebut.
  • Terkadang dapat memicu pembelian impulsif yang tidak didasari kebutuhan riil.
  • Efektifitas KOL marketing tergolong masih sulit diukur.
  • Menemukan KOL yang tepat untuk brand Anda membutuhkan riset dan pertimbangan yang matang.

Jenis-Jenis KOL Marketing

Berikut beberapa jenis KOL marketing yang dikelompokkan berdasarkan jumlah pengikutnya:

1. Nano Influencer

Jenis KOL pertama adalah nano influencer, yakni individu yang memiliki pengikut antara 1.000 hingga 10.000 di media sosial mereka.

2. Micro Influencer

Sedangkan untuk makro, memiliki jumlah pengikut antara 10.000 sampai 50.000 di media sosial baik Instagram, Tiktok dan selainnya.

3. Mid-tier Influencer

Ketiga ada Mid-tier Influencer, seorang individu yang memiliki jumlah pengikut antara 50.000 sampai 500.000.

4. Macro Influencer

Selanjutnya untuk KOL makro, seorang individu yang memiliki jumlah pengikut antara 500.000 sampai 1.000.000.000

5. Mega Influencer

Sedangkan untuk mega influencer adalah individu yang memiliki jumlah pengikut lebih dari 1.000.000. Mereka dianggap sangat terkenal dan memiliki pengaruh besar terhadap apa yang mereka promosikan.

Perbedaan KOL dan Influencer

Marketing Adalah

Apakah KOL dan Influencer berbeda? Iya Berbeda (Credit: Freepik.com)

Meskipun sering dianggap sama menurut laman belajarlagi.id, Influencer dan KOL dibedakan berdasarkan 3 hal, yakni: media yang digunakan, kemampuan berkomunikasi dan kredibilitas.

1. Media yang Digunakan

  • KOL: Lebih banyak berinteraksi di dunia nyata (seminar, workshop) dan membangun personal branding di media sosial (Instagram, YouTube, LinkedIn, podcast).
  • Influencer: Berinteraksi secara online melalui berbagai media sosial (Instagram, TikTok, Twitter, Youtube, dll).

2. Kemampuan Berkomunikasi

  • Influencer: Memiliki kelebihan dalam menyampaikan konten visual yang menarik (feeds, video) dan menggunakan gaya bahasa yang dekat dengan audiens.
  • KOL: Penyampaian konten mungkin tidak semenarik influencer, namun fokus pada keakuratan informasi atau topik.

3. Kredibilitas

  • KOL: Memiliki kredibilitas yang lebih tinggi dalam hal keakuratan opini dan informasi.
  • Influencer: Kredibilitas bisa bervariasi tergantung pada bidang keahlian dan konsistensi dalam memberikan informasi yang akurat.

Baca Juga:Memahami Manfaat Influencer Marketing, Contoh dan Strateginya

Strategi KOL Marketing Efektif untuk Pemasaran

Untuk mengoptimalkan KOL Marketing Anda, Anda perlu strategi yang relevan dan efektif untuk dipraktekkan, berikut diantaranya:

1. Memilih KOL yang Relevan

Langkah pertama dan paling krusial dalam strategi KOL Marketing adalah memilih KOL yang tepat. Pilihlah KOL yang memiliki audiens yang relevan dengan target pasar Anda.

Pertimbangkan industri, demografi, minat, dan nilai-nilai audiens KOL untuk memastikan kesesuaian dengan merek Anda.

2. Jalin Hubungan yang Kuat

Selanjutnya, adalah membangun relasi dengan KOL sebelum melakukan kolaborasi. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Sebab dengan komunikasi yang baik Anda dapat membangun kepercayaan lebih mudah dengan mereka.

3. Berikan Kebebasan Kreatif

Berikutnya, bebaskan KOL berkreasi untuk membuat konten promosi mereka. Biarkan biarkan mereka mengekspresikan diri dengan cara yang otentik.

Untuk memastikan konten yang disampaikan benar, Anda bisa memberikan briefing yang jelas tentang tujuan kampanye dan target audience, sebelumnya merikan mereka ruang untuk berkreasi.

4. Manfaatkan Banyak Platform

Kemudian, memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Pastikan juga platform yang dipilih sesuai dengan target audience, kontennya menarik dan hastag yang relevan.

5. Kerjasama dengan Banyak Influencer

Kemudian lakukan kerja sama dengan banyak influencer, khususnya micro influencer. Kenapa? Meskipun mereka memiliki audiens yang lebih kecil namun lebih terlibat dan terpercaya.

6. Mengintegrasikan Strategi Konten

Kemudian, pastikan strategi KOL Marketing terintegrasi dengan baik dengan strategi konten Anda secara keseluruhan. Buatlah konten yang konsisten dan berkualitas tinggi di semua platform.

7. Lakukan Analisis dan Evaluasi

Terakhir adalah lakukan evaluasi untuk menilai seberapa efektif KOL marketing yang Anda lakukan. Anda bisa menggunakan beberapa metrik seperti jangkauan, engagement, konversi, dan ROI untuk menilai keberhasilan.

Studi Kasus Efektivitas KOL Marketing: Somethinc x NCT Dream

Contoh Kol Marketing Somethinc

Kolaborasi Somethinc x NCT Dream (Credit: Freepik.com)

Berikut studi kasus efektivitas KOL marketing dari brand Somethinc x NCT Dream berdasarkan karakteristik KOL, yang dikutip dari jurnal Kesesuaian Karakteristik Key Opinion Leader (KOL) terhadap Efektifitas NCT Dream sebagai KOL Somethinc (2023), karya Almira Rassya Cantika dan Kurnia.

# Familiarity

Somethinc memanfaatkan popularitas NCT Dream di Indonesia untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Memasang iklan yang dibintangi NCT Dream
  • Membuat konten media sosial bersama NCT Dream
  • Mengadakan meet-and-greet dengan NCT Dream

Strategi ini terbukti efektif karena konsumen sudah sangat familiar dengan NCT Dream dan antusias terhadap kolaborasi ini.

# Trustworthiness

Somethinc memposisikan NCT Dream sebagai mitra komunikasi untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk Somethinc. Hal ini dilakukan dengan:

  • Mendapatkan review produk dari NCT Dream
  • Menampilkan NCT Dream menggunakan produk Somethinc dalam keseharian mereka
  • Membagikan tips skincare dari NCT Dream.

Artinya, strategi ini terbukti efektif karena konsumen percaya bahwa NCT Dream tidak akan merekomendasikan produk yang tidak mereka sukai atau percayai.

# Expertiseness

Somethinc memanfaatkan citra NCT Dream sebagai skincare trendsetter untuk memperkuat brand image Somethinc. Hal ini dilakukan dengan:

  • Menampilkan NCT Dream dalam berbagai kampanye skincare Somethinc.
  • Mengadakan edukasi skincare bersama NCT Dream
    Membagikan tips skincare dari NCT Dream.

Strategi juga terbukti efektif karena konsumen menganggap NCT Dream sebagai orang yang mengerti dan mengikuti tren skincare terbaru.

Keefektifan KOL ini juga dilihat dari Google Trends, Somethinc x NCT Dream menjadi topik yang paling banyak dicari pada masa tersebut. Nah itu dia penjelasan mengenai KOL marketing dan beberapa informasi terkait lainnya. Semoga bermanfaat.

Share This Article
Leave a comment
Product, education, ccn, cetakcepat, perisaikebenarannasional, mediakota, teroponghukumnusantara, foxiz, astaga, iso, montitgibig, nahdliyyin, performamanajemen, sdnmekarsari3, berandapublik, beritamukomuko, beritasemarak, jejakdaerah, jejakdaerah, nusantarawebhoster, suaramahardika, wordpers, min1sabang, bahanaguesthouse, warnaemas, dndbali, dyouthfest, eobali, henbuk, harmonipermata, kabarbalisatu, panglimahukum, smpn14dps, themaster, uluwatu, juraganitweb, paradigma, pinusbanyuwangi, smpnsatubangorejo, consultant, mtsn2acehbarat, mtsn3acehbarat, penmadkemenagtamiang, mtsn8atim, baharselatan, journals, playone, tekling, tekling, mydata, shophine, gphitech, petmart, makassarpetclinic, makassarpet, nio, kts, klikpiknik, tajimakuperalatanindonesia, nyawer, agenbpc, balindoparadiso, bendahara, booknow, contractor, danginpurikauh, globalresearcher, madhava, madhavaenterprises, siappak, signalevent, smartapps, streamline, kencanabaliproperty, suratkabarnasional, matqbaitussalam, mrh, rianranimart, onecryindonesia, lembangholidayvillas, min9acehtamiang, rne, bayupasupati, tfef, aiccny, konsultanperizinanbekasi, konsultanperizinanbogor, konsultan amdal, ashadirekanbekasi, citraglobalbekasi, konsultanpajaksumbar, konsultanpajakbanjarbaru, hondagajahmadasmg, sdisriati2, acehlonsayang, kampanyecalon, mtsbusidigede, edupage, madeventure, attaqwa12, klikpiknik, sewabuspariwisatabandung, hexasoft, haqqfarm, bimbellavender, pejuangui, bimbelinten, lavenderprograms, urbanartindonesia, alhasan, emyrindo, amptron indo, makapetakan, poros1, medandigitalinnovation, indotelemed, anuless, fastech, linkdiri, bimbelprimagama, primagamaburlian, accuindonesia, alatasperkasaindonesia, axsatravel, bricodelab, gantiaki, hexagon, satoeorganizer, paradox88, aswin marwah, manggisgarden, beritasirkulasi, sultraraya, kendarikini, stylecontract, cahayasultra, miningnews, kilaunews, matadewata, jaringpos, nilaparadise, hexademy, bestnews19, delik, polrespinrang, smkdp2jkt, gamingslot365, azgamingslot, azbet365slot, untung500x, Slot Zeus, mabukbeer, Pahala4d, Pahala4d, gwinbola, pahala4d, nintoto, nintoto, nintoto, Pahala4d, Slot Online, sertifikasi, geraisertifikasi, samskara, oectech, sstravel, swisstex, iptvcm, penaungu, sanctri, tokofiberglass, sabung ayam online sv388, link alternatif situs slot online, sv388, slot resmi, slot online, wala meron, link alternatif situs slot online, link alternatif situs slot online, sv388 wala meron. situs slot deposit seabank, link situs slot resmi, slot resmi, slot terpercaya, Slot Maxwin, sv388, Ws168, Digmaan, Ws168, Slot Online, Slot Resmi, Slot Maxwin, Sv388, Digmaan, WS168, S128, Slot Scatter Hitam, Sabung Ayam Online, Digmaan, Ws168, S128, Scatter Hitam.