Menggapai Puncak-Puncak Terjal: 5 Gunung Paling Curam di Indonesia yang Wajib Dicoba

menggapai-puncak-puncak-terjal:-5-gunung-paling-curam-di-indonesia-yang-wajib-dicoba
Menggapai Puncak-Puncak Terjal: 5 Gunung Paling Curam di Indonesia yang Wajib Dicoba
service
Share

Share This Post

or copy the link

Indonesia memiliki sejumlah gunung yang terkenal dengan keindahan alam serta tantangan mendakinya. Bahkan beberapa gunung di Indonesia memiliki tingkat kecuraman yang ekstrem, lho. Tapi bagi sebagian pendaki berpengalaman, gunung paling curam di Indonesia justru dijadikan sebagai destinasi impian.

Apakah Eigerian juga tertarik dan berencana untuk mendaki di gunung paling curam untuk mencari tantangan yang lebih besar? Jika iya, cari tahu daftar gunung paling curam di Indonesia yang wajib didaki melalui ulasan menarik di bawah ini, yuk!

Apa yang Membuat Gunung Curam Menarik?

gunung paling curam
Sumber: Eiger Adventure

Sebelum membahas lebih lanjut seputar deretan gunung paling curam di Indonesia, tahukah Eigerian apa alasan kenapa gunung curam menarik untuk didaki? Ternyata, mendaki gunung yang curam menarik bagi banyak pendaki karena beberapa alasan berikut:

1. Tantangan Fisik dan Mental

Mendaki gunung yang curam tentunya membutuhkan tingkat kebugaran fisik dan mental yang tinggi. Para pendaki harus menghadapi medan yang sulit, kecuraman yang ekstrem, dan seringkali cuaca yang tidak menentu. Tantangan ini akan memberikan kesempatan untuk menguji batas kemampuan fisik dan mental.

2. Rasa Pencapaian

Mengatasi rintangan dan tantangan yang ada dalam pendakian gunung curam juga akan memberikan rasa pencapaian yang besar. Mencapai puncak gunung setelah menghadapi medan yang sulit akan menjadi prestasi yang sangat memuaskan dan membanggakan.

3. Keindahan Alam yang Menakjubkan

Gunung yang curam seringkali menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Panorama dari puncak gunung yang tinggi akan memberikan pemandangan yang luar biasa dari lembah, hutan, dan puncak-puncak gunung lainnya.

4. Petualangan dan Adrenalin

Mendaki gunung curam merupakan suatu petualangan yang penuh dengan adrenalin. Setiap langkah dalam menghadapi risiko dan tantangan yang membuat pendakian lebih menarik dan mengasyikkan.

5. Pertumbuhan Pribadi

Proses mendaki gunung yang curam juga seringkali melibatkan introspeksi dan pengembangan diri. Para pendaki akan belajar tentang ketekunan, keberanian, dan kerja sama tim. Pendakian ini juga akan membantu dalam membangun karakter dan ketahanan mental.

6. Komunitas Pendaki

Mendaki gunung seringkali dilakukan secara bersama-sama dengan komunitas pendaki. Nah, pengalaman mendaki yang menantang tentunya akan menciptakan ikatan yang kuat di antara para pendaki. Berbagi cerita serta pengalaman pendakian juga dapat membangun persahabatan yang erat.

7. Pengalaman yang Tidak Terlupakan

Setiap pendakian gunung curam merupakan sebuah pengalaman unik yang meninggalkan kenangan yang tidak terlupakan. Dari saat memulai pendakian sampai mencapai puncak dan kembali ke bawah, setiap momen akan menjadi bagian dari petualangan yang berharga.

8. Penghormatan Terhadap Alam

Mendaki gunung curam juga akan mengajarkan pendaki untuk menghargai dan menghormati alam. Melihat keindahan alam dari dekat serta menyadari betapa rapuhnya ekosistem gunung akan membuat pendaki lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Meskipun mendaki gunung curam sangatlah menarik dan menantang, tapi sangat penting bagi para pendaki untuk selalu mempersiapkan diri dengan baik, membawa perlengkapan yang tepat, dan memprioritaskan keselamatan dalam setiap langkah pendakian.

Baca juga: 10 Barang yang Harus Dibawa Saat Mendaki Gunung oleh Pendaki Perempuan, Apa Saja?

5 Gunung Paling Curam di Indonesia 

Berikut adalah beberapa gunung dengan tingkat kecuraman yang ekstrem di Indonesia:

1. Gunung Carstensz Pyramid (Puncak Jaya, Papua)

gunung paling curam
Sumber: indiamart.com

Gunung tertinggi di Indonesia ini menjadi salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia. Pendakian ke Puncak Jaya seringkali melibatkan medan yang terjal, pemandangan yang dramatis, serta kondisi cuaca yang ekstrem.

Gunung Carstensz yang berada di ketinggian 4.884 mdpl ini kondisi cuacanya memang ekstrem, karena ada salju abadi, hujan badai, dan panas terik. Gunung ini diperuntukkan hanya untuk para pendaki handal dan berpengalaman dengan mental yang kuat untuk melakukan pendakian paling cepat selama 14 hari.

2. Gunung Mandala (Papua)

gunung paling curam
Sumber: trek-papua.com

Terletak di kawasan Pegunungan Maoke di Papua, gunung ini cukup dekat dengan Gunung Carstensz. Gunung ini ditetapkan sebagai puncak tertinggi kedua di Indonesia, dengan ketinggian 4.760 mdpl. Puncaknya dikenal dengan nama Julianna Top, memiliki trek pendakiannya yang sulit dengan medan yang terjal dan bersalju.

Dengan kondisi gunung yang cukup ekstrem, hanya para pendaki mahir dan berpengalaman saja yang sudah sukses menaklukkan puncak ini. Tantangannya meliputi medan yang curam dan berbatu, rawan longsor, dan kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi.

3. Gunung Merapi (Jawa Tengah)

gunung paling curam
Sumber: Pixabay

Ini adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia dengan lereng yang curam dan berbatu. Ketinggian Gunung Merapi ini berubah seiring aktivitas vulkanik yang mempengaruhi bentuk puncaknya. Hingga saat ini, Gunung Merapi tercatat memiliki ketinggian puncak 2.930 mdpl pasca erupsi di tahun 2010 silam.

Ada tiga jalur pendakian yang populer untuk mencapai puncak Gunung Merapi, di antaranya adalah jalur Selo, jalur Babadan, dan jalur Kinahrejo. Jalur Selo adalah lintasan terpendek menuju puncak, tapi jalur ini memiliki medan yang terus menanjak dan hanya dapat dilalui oleh satu orang pendaki saja. Tantangan utama mendaki Gunung Merapi adalah pendakian di daerah yang rawan bencana seperti lahar hujan dan awan panas.

4. Gunung Rinjani (Lombok, Nusa Tenggara Barat)

gunung paling curam
Sumber: locationscout.net

Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, sekaligus sebagai tujuan pendakian yang populer di kalangan petualang dari seluruh dunia. Dengan ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut, Rinjani memang menawarkan berbagai tantangan dan pemandangan alam yang memukau.

Gunung ini memiliki medan pendakian yang terjal dan curam, terutama pada saat mendaki ke puncak Gunung Rinjani dan menjelajahi kawahnya. Selain itu, cuaca yang berubah-ubah dan kondisi jalur pendakian yang sulit juga menambah tantangan bagi para pendaki.

5. Gunung Raung (Jawa Timur)

gunung paling curam
Sumber: cultura.id

Gunung ini cukup terkenal dengan medan yang sangat terjal dan menantang bagi para pendaki. Puncak tertingginya berada di ketinggian sekitar 3.344 meter di atas permukaan laut, dengan jalur pendakian yang penuh dengan bebatuan serta tebing-tebing yang curam.

Puncak Sejati Raung bisa dilalui dengan menggunakan peralatan panjat tebing yang memadai. Pasalnya, di sepanjang jalur menuju puncak dikelilingi oleh tebing curam sekitar 75 derajat serta kanan kiri jurang dengan kedalaman puluhan meter. Jadi, diperlukan persiapan yang matang dan guide lokal kalau berniat menaklukkan Gunung Raung ini.

Baca juga: 10 Cara Memilih Carrier yang Tepat untuk Mendaki Gunung

Selalu ingat bahwa pendakian ke gunung-gunung curam di Indonesia membutuhkan persiapan yang matang, pengalaman mendaki yang memadai, serta pengetahuan tentang kondisi medan serta cuaca di lokasi. Tidak hanya memberikan pengalaman mendaki yang menarik saja, akan tetapi juga menawarkan pemandangan alam yang spektakuler bagi para pendaki yang berhasil mencapai puncaknya.

Tentukan destinasi gunung paling curam di Indonesia yang akan Eigerian daki, lalu mulailah bersiap! Pastikan untuk membawa perlengkapan pendakian yang sesuai dan lengkap untuk membantumu beraktivitas dengan aman dan nyaman saat pendakian.

Eigerian bisa memilih perlengkapan mountaineering terlengkap di EIGER Adventure mulai dari tas carrier, sepatu gunung, trekking pole, tenda, sleeping bag, baju dan celana gunung, botol minum, dan masih banyak lagi lainnya. Langsung saja kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu atau langsung saja belanja lewat mobile apps EIGER Adventure supaya lebih mudah dan praktis. Unduh aplikasinya secara gratis di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Semua produk tersedia lengkap, ada banyak promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Cek sekarang juga!

0
mutlu
Happy
0
_zg_n
Sad
0
sinirli
Annoyed
0
_a_rm_
Surprised
0
vir_sl_
Infected
Menggapai Puncak-Puncak Terjal: 5 Gunung Paling Curam di Indonesia yang Wajib Dicoba

Tamamen Ücretsiz Olarak Bültenimize Abone Olabilirsin

Yeni haberlerden haberdar olmak için fırsatı kaçırma ve ücretsiz e-posta aboneliğini hemen başlat.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login

To enjoy Foxiz.my.id privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Bizi Takip Edin
Product, education, ccn, cetakcepat, perisaikebenarannasional, mediakota, teroponghukumnusantara, foxiz, astaga, iso, montitgibig, nahdliyyin, performamanajemen, sdnmekarsari3, berandapublik, beritamukomuko, beritasemarak, jejakdaerah, jejakdaerah, nusantarawebhoster, suaramahardika, wordpers, min1sabang, bahanaguesthouse, warnaemas, dndbali, dyouthfest, eobali, henbuk, harmonipermata, kabarbalisatu, panglimahukum, smpn14dps, themaster, uluwatu, juraganitweb, paradigma, pinusbanyuwangi, smpnsatubangorejo, consultant, mtsn2acehbarat, mtsn3acehbarat, penmadkemenagtamiang, mtsn8atim, baharselatan, journals, playone, tekling, tekling, mydata, shophine, gphitech, petmart, makassarpetclinic, makassarpet, nio, kts, klikpiknik, tajimakuperalatanindonesia, nyawer, agenbpc, balindoparadiso, bendahara, booknow, contractor, danginpurikauh, globalresearcher, madhava, madhavaenterprises, siappak, signalevent, smartapps, streamline, kencanabaliproperty, suratkabarnasional, matqbaitussalam, mrh, min9acehtamiang, rne, bayupasupati, tfef, aiccny, konsultanperizinanbekasi, konsultanperizinanbogor, konsultan amdal, ashadirekanbekasi, citraglobalbekasi, konsultanpajaksumbar, konsultanpajakbanjarbaru, hondagajahmadasmg, sdisriati2, acehlonsayang, kampanyecalon, mtsbusidigede, edupage, madeventure, attaqwa12, klikpiknik, sewabuspariwisatabandung, hexasoft, haqqfarm, bimbellavender, pejuangui, bimbelinten, lavenderprograms, urbanartindonesia, alhasan, emyrindo, amptron indo, makapetakan, poros1, medandigitalinnovation, indotelemed, anuless, fastech, linkdiri, bimbelprimagama, primagamaburlian, accuindonesia, alatasperkasaindonesia, axsatravel, bricodelab, gantiaki, hexagon, satoeorganizer, paradox88, aswin marwah, manggisgarden, beritasirkulasi, sultraraya, kendarikini, stylecontract, cahayasultra, miningnews, kilaunews, matadewata, jaringpos, nilaparadise, hexademy, bestnews19, polrespinrang, smkdp2jkt, gamingslot365, azgamingslot, azbet365slot, untung500x, Slot Zeus, mabukbeer, Pahala4d, Pahala4d, gwinbola, pahala4d, nintoto, nintoto, nintoto, Pahala4d, Slot Online, sertifikasi, geraisertifikasi, samskara, oectech, sstravel, swisstex, iptvcm, penaungu, sanctri, tokofiberglass, sabung ayam online sv388, link alternatif situs slot online, sv388, slot resmi, slot online, wala meron, link alternatif situs slot online, link alternatif situs slot online, sv388 wala meron, Sabung Ayam Online Sv388, Slot Dana. situs slot deposit seabank, link situs slot resmi, slot resmi, slot terpercaya, Slot Maxwin, sv388, Ws168, Digmaan, Ws168, Slot Online, Slot Resmi, Slot Maxwin, Sv388, Digmaan, WS168, S128, Slot Scatter Hitam, Sabung Ayam Online, Digmaan, Ws168, S128, Scatter Hitam, slot resmi, situs slot resmi, Judi Sabung Ayam Online, sv388, Sabung ayam online, Slot Mahjong, Sv388, Slot Thailand, surga33, surga77, surga88, surga99, wdbos, Slot Resmi Gampang Jp, Slot Resmi, Togelup, slot resmi, apartemendaanmogot, saludcentersur, Slot Luar Negeri, salmamohsenart, Slot Thailand, echohypemedia, Slot Resmi, trouveresto, Slot Scatter Hitam.