Kasuari Selatan: Burung Paling Berbahaya di Dunia Itu Kini Terancam Punah

kasuari-selatan:-burung-paling-berbahaya-di-dunia-itu-kini-terancam-punah
Kasuari Selatan: Burung Paling Berbahaya di Dunia Itu Kini Terancam Punah
service
Share

Share This Post

or copy the link

Karakteristik Kasuari Selatan, Burung Paling Berbahaya di Dunia

Kasuari Selatan (Casuarius casuarius) kerap dijuluki sebagai burung paling berbahaya di dunia, julukan yang diperoleh karena cakarnya yang mematikan dan sifatnya yang agresif bila merasa terancam. Dengan tinggi mencapai 1,5 meter dan berat mencapai 75 kilogram, tubuhnya yang besar dihiasi bulu hitam legam yang berkilau. Salah satu ciri khasnya adalah cakar tajam seperti pedang yang panjangnya sekitar 10 cm di tiap jari kaki tengahnya. Cakar ini menjadi senjata andalan yang membuatnya dijuluki burung paling berbahaya di dunia, berguna untuk perlindungan diri, mencari makan, dan bahkan menggali sarang untuk bertelur.

Leher kasuari berwarna biru cerah dan dihiasi dua gelambir berwarna merah di bagian bawahnya, sedangkan kepalanya yang cokelat dilengkapi “casque,” helm keras yang terbuat dari keratin. Casque ini memiliki fungsi yang belum sepenuhnya dipahami, namun diduga berperan dalam komunikasi, termoregulasi, atau perlindungan kepala saat berlari menembus semak belukar.

Kasuari Selatan termasuk dalam kelompok burung ratite, yaitu burung-burung yang tidak bisa terbang dan memiliki tulang dada datar tanpa lunas. Nama kasuari berasal dari kata dalam bahasa Papua yang artinya ‘bertanduk’ (kasu) dan ‘kepala’ (weri). Semua merupakan anggota kelompok yang disebut ratites, yang juga mencakup burung-burung raksasa tak bisa terbang lainnya seperti burung unta, rhea, dan emu.Kelompok ini juga mencakup burung unta, emu, dan rhea. Kasuari Selatan adalah satu-satunya spesies kasuari yang ditemukan di Australia, sementara dua spesies lainnya, yaitu Kasuari Gelambir Tunggal dan Kasuari Kerdil, ditemukan di Papua dan sekitarnya.

Julukan Burung Paling Berbahaya

Julukan “burung paling berbahaya di dunia” bukan tanpa alasan. Kasuari Selatan dikenal memiliki cakar yang sangat tajam dan kuat, mampu melukai bahkan membunuh manusia dan hewan lainnya. Tendangan dari kaki kasuari yang dilengkapi cakar tajam ini dapat merobek kulit dan daging dengan mudah. Selain itu, kasuari memiliki sifat teritorial dan mudah terprovokasi, terutama saat melindungi sarang atau anaknya. Mereka tidak segan-segan menyerang dengan tendangan dan cakarnya jika merasa terancam. Walaupun serangan kasuari terhadap manusia jarang terjadi, beberapa kasus fatal telah tercatat.

Cakar burung kasuari selatan jantan yang mirip dinosaurus. Sumber foto: PaleoFeathers/Twitter/Sarah Davis

Di Florida, Amerika Serikat, Kasuari terdaftar sebagai hewan Kelas II (bersama dengan aligator dan kucing liar), karena risiko bahaya yang ditimbulkannya, yang berarti siapa pun yang ingin memeliharanya harus melewati banyak tes dan mendapatkan izin khusus dari otoritas setempat. Selain itu, ancaman lain datang dari lalu lintas kendaraan dan serangan anjing. Kasuari dewasa sering kali menjadi korban kecelakaan lalu lintas ketika menyeberangi jalan. Anjing domestik maupun liar juga kerap menyerang kasuari, terutama anak-anaknya yang lebih rentan.

Beberapa tahun lalu, seorang pria berusia 75 tahun yang diserang oleh setidaknya satu burung yang dia pelihara di propertinya di Florida dan kemudian meninggal karena luka-lukanya di rumah sakit. Semua hal ini menunjukkan betapa rapuhnya keberadaan kasuari di tengah ancaman yang semakin intens, baik dari manusia maupun hewan lain di sekitarnya. Upaya konservasi dan perlindungan terhadap kasuari Selatan menjadi semakin mendesak untuk mencegah kepunahan spesies yang berperan penting dalam ekosistem hutan hujan yang rapuh.

Baca juga: Inilah Fakta-fakta Unik Burung Paling Berbahaya di Dunia

Ancaman Terhadap Kasuari Selatan

Ironisnya, meski berjuluk burung paling berbahaya di dunia, ancaman terbesar bagi kasuari Selatan justru datang dari manusia. Deforestasi yang agresif untuk membuka lahan pertanian, perkebunan, dan permukiman telah menyebabkan hilangnya sebagian besar habitat asli kasuari Selatan. Hutan hujan tropis yang dulunya luas dan saling terhubung kini terfragmentasi menjadi petak-petak kecil yang terisolasi. Fragmentasi ini mengganggu kemampuan kasuari untuk menjelajah wilayah yang luas guna mencari makan dan pasangan, serta membatasi pergerakan genetik antar populasi.

Ancaman dari Lalu Lintas Kendaraan

Perkembangan infrastruktur jalan raya yang melintasi habitat kasuari Selatan telah meningkatkan risiko kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Kasuari dewasa sering tertabrak kendaraan saat berusaha menyeberangi jalan, terutama di daerah dengan populasi manusia yang tinggi dan lalu lintas yang padat. Anak-anak kasuari yang masih belum berpengalaman juga rentan terhadap kecelakaan ini.

Serangan Anjing

Anjing domestik dan anjing liar menjadi ancaman serius bagi kasuari Selatan, terutama bagi anak-anaknya. Anjing-anjing ini sering kali mengejar dan menyerang kasuari, menyebabkan luka parah bahkan kematian. Serangan anjing tidak hanya mengancam keselamatan individu kasuari, tetapi juga mengganggu perilaku alami mereka dan mengurangi keberhasilan reproduksi.

Dampak Perubahan Iklim

Perubahan iklim juga turut mengancam kelangsungan hidup kasuari Selatan. Peningkatan suhu dan perubahan pola curah hujan dapat mengganggu ketersediaan makanan dan air, serta mengubah komposisi vegetasi di habitat mereka. Selain itu, kejadian cuaca ekstrem seperti banjir dan kekeringan dapat menyebabkan kematian langsung atau meningkatkan kerentanan terhadap penyakit dan parasit.

Baca juga: Cakar Kasuari Ini Mengingatkan Kita Pada Dinosaurus

Peran Penting Kasuari Selatan dalam Ekosistem Hutan Hujan

Meski menyandang predikat burung paling berbahaya di dunia, Kasuari Selatan sebenarnya memiliki peran ekologis yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan hujan. Kehadiran mereka memberikan dampak signifikan terhadap regenerasi hutan, penyebaran biji, dan struktur komunitas tumbuhan.

Penyebar Biji yang Efektif

Kasuari Selatan dikenal sebagai salah satu penyebar biji (seed disperser) paling efektif di hutan hujan. Mereka memiliki kemampuan unik untuk memakan buah-buahan berukuran besar dan menelan biji-bijian yang keras tanpa merusaknya. Biji-bijian ini kemudian melewati saluran pencernaan kasuari dan dikeluarkan bersama kotorannya di lokasi yang jauh dari pohon induknya. Proses ini, yang disebut endozoochory, memungkinkan biji-bijian untuk tersebar luas dan berkecambah di tempat-tempat baru, sehingga membantu regenerasi hutan dan menjaga keanekaragaman genetik tumbuhan.

Kasuari, spesies endemik Papua. Foto: Rhett Butler/Mongabay

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kasuari Selatan dapat menyebarkan biji dari lebih dari 70 spesies tumbuhan, termasuk pohon-pohon besar yang bijinya terlalu besar untuk dimakan oleh hewan lain. Beberapa jenis tumbuhan bahkan bergantung sepenuhnya pada kasuari untuk penyebaran bijinya, karena biji-bijian tersebut tidak dapat berkecambah tanpa terlebih dahulu melewati saluran pencernaan kasuari.

Pengaruh Terhadap Struktur Komunitas Tumbuhan

Melalui penyebaran biji, kasuari Selatan tidak hanya mempengaruhi komposisi spesies tumbuhan, tetapi juga struktur komunitas tumbuhan secara keseluruhan. Mereka cenderung menyebarkan biji-bijian dari pohon-pohon besar yang menghasilkan buah berlimpah, sehingga berkontribusi pada dominasi pohon-pohon tersebut di hutan. Selain itu, kasuari juga dapat memengaruhi dinamika suksesi hutan dengan membantu kolonisasi spesies pionir di area-area yang terganggu.

Predator Puncak dan Pengendali Populasi

Sebagai predator puncak di ekosistem hutan hujan, kasuari Selatan juga memainkan peran penting dalam mengendalikan populasi hewan-hewan lain. Mereka memangsa berbagai jenis hewan kecil seperti serangga, kadal, amfibi, dan mamalia kecil. Dengan memangsa hewan-hewan ini, kasuari membantu menjaga keseimbangan populasi dan mencegah terjadinya ledakan populasi yang dapat mengganggu ekosistem.

Indikator Kesehatan Ekosistem

Kehadiran kasuari Selatan juga dapat dijadikan indikator kesehatan ekosistem hutan hujan. Penurunan populasi kasuari dapat menjadi pertanda adanya gangguan atau kerusakan lingkungan, seperti deforestasi, fragmentasi habitat, atau polusi. Oleh karena itu, upaya pelestarian kasuari Selatan tidak hanya penting bagi kelangsungan hidup spesies ini, tetapi juga bagi kesehatan dan keberlanjutan ekosistem hutan hujan secara keseluruhan.

Upaya Pelestarian Kasuari Selatan

Ada kurang dari 5.000 burung kasuari yang tersisa di Australia dan masuk dalam daftar spesies yang terancam punah. Kasuari dianggap sebagai spesies kunci karena peran utama yang mereka mainkan dalam hutan hujan di timur laut Australia. Hutan hujan akan menderita jika burung-burung yang menakutkan ini punah, oleh karena itu, dengan memastikan kelangsungan hidup mereka, hutan hujan dan sejumlah besar spesies lain yang hidup di sana juga terlindungi.

Anakan burung kasuari gelambir-ganda yang turut diamankan dari kejahatan perdagangan satwa liar ilegal di Kota Medan. Foto: Ayat S Karokaro/Mongabay Indonesia

WWF memperkirakan bahwa tingkat kepunahan di Australia akan terus memburuk. Dalam kurun waktu sekitar 335 tahun, sekitar 100 spesies tumbuhan dan hewan unik di Australia telah punah, termasuk skink hutan Pulau Christmas, dan sekitar 10 persen dari 320 mamalia darat yang diketahui hidup di Australia saat kolonisasi Eropa dimulai.

Menyadari peran penting kasuari Selatan dan ancaman terhadap keberadaannya, pemerintah Australia telah meluncurkan rencana pemulihan nasional. Rencana ini mencakup pembelian lahan untuk membuat koridor satwa liar, pemasangan rambu lalu lintas untuk mengurangi kecelakaan, dan edukasi bagi pemilik anjing untuk mencegah serangan.

0
mutlu
Happy
0
_zg_n
Sad
0
sinirli
Annoyed
0
_a_rm_
Surprised
0
vir_sl_
Infected
Kasuari Selatan: Burung Paling Berbahaya di Dunia Itu Kini Terancam Punah

Tamamen Ücretsiz Olarak Bültenimize Abone Olabilirsin

Yeni haberlerden haberdar olmak için fırsatı kaçırma ve ücretsiz e-posta aboneliğini hemen başlat.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login

To enjoy Foxiz.my.id privileges, log in or create an account now, and it's completely free!

Bizi Takip Edin
Product, education, ccn, cetakcepat, perisaikebenarannasional, mediakota, teroponghukumnusantara, foxiz, astaga, iso, montitgibig, nahdliyyin, performamanajemen, sdnmekarsari3, berandapublik, beritamukomuko, beritasemarak, jejakdaerah, jejakdaerah, nusantarawebhoster, suaramahardika, wordpers, min1sabang, bahanaguesthouse, warnaemas, dndbali, dyouthfest, eobali, henbuk, harmonipermata, kabarbalisatu, panglimahukum, smpn14dps, themaster, uluwatu, juraganitweb, paradigma, pinusbanyuwangi, smpnsatubangorejo, consultant, mtsn2acehbarat, mtsn3acehbarat, penmadkemenagtamiang, mtsn8atim, baharselatan, journals, playone, tekling, tekling, mydata, shophine, gphitech, petmart, makassarpetclinic, makassarpet, nio, kts, klikpiknik, tajimakuperalatanindonesia, nyawer, agenbpc, balindoparadiso, bendahara, booknow, contractor, danginpurikauh, globalresearcher, madhava, madhavaenterprises, siappak, signalevent, smartapps, streamline, kencanabaliproperty, suratkabarnasional, matqbaitussalam, mrh, min9acehtamiang, rne, bayupasupati, tfef, aiccny, konsultanperizinanbekasi, konsultanperizinanbogor, konsultan amdal, ashadirekanbekasi, citraglobalbekasi, konsultanpajaksumbar, konsultanpajakbanjarbaru, hondagajahmadasmg, sdisriati2, acehlonsayang, kampanyecalon, mtsbusidigede, edupage, madeventure, attaqwa12, klikpiknik, sewabuspariwisatabandung, hexasoft, haqqfarm, bimbellavender, pejuangui, bimbelinten, lavenderprograms, urbanartindonesia, alhasan, emyrindo, amptron indo, makapetakan, poros1, medandigitalinnovation, indotelemed, anuless, fastech, linkdiri, bimbelprimagama, primagamaburlian, accuindonesia, alatasperkasaindonesia, axsatravel, bricodelab, gantiaki, hexagon, satoeorganizer, paradox88, aswin marwah, manggisgarden, beritasirkulasi, sultraraya, kendarikini, stylecontract, cahayasultra, miningnews, kilaunews, matadewata, jaringpos, nilaparadise, hexademy, bestnews19, polrespinrang, smkdp2jkt, gamingslot365, azgamingslot, azbet365slot, untung500x, Slot Zeus, mabukbeer, Pahala4d, Pahala4d, gwinbola, pahala4d, nintoto, nintoto, nintoto, Pahala4d, Slot Online, sertifikasi, geraisertifikasi, samskara, oectech, sstravel, swisstex, iptvcm, penaungu, sanctri, tokofiberglass, sabung ayam online sv388, link alternatif situs slot online, sv388, slot resmi, slot online, wala meron, link alternatif situs slot online, link alternatif situs slot online, sv388 wala meron, Sabung Ayam Online Sv388, Slot Dana. situs slot deposit seabank, link situs slot resmi, slot resmi, slot terpercaya, Slot Maxwin, sv388, Ws168, Digmaan, Ws168, Slot Online, Slot Resmi, Slot Maxwin, Sv388, Digmaan, WS168, S128, Slot Scatter Hitam, Sabung Ayam Online, Digmaan, Ws168, S128, Scatter Hitam, slot resmi, situs slot resmi, Judi Sabung Ayam Online, sv388, Sabung ayam online, Slot Mahjong, Sv388, Slot Thailand, surga33, surga77, surga88, surga99, wdbos, Slot Resmi Gampang Jp, Slot Resmi, Togelup, ysga, damaitou.